Sosialisasi Program Hibah Internal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat FTUP Tahun 2024

Dalam upaya untuk menjembatani pengembangan ilmu dan teknologi atau ciptareka yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dengan kebutuhan teknologi dan pengembangan di industri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan rutin meluncurkan Program Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Namun persaingan yang ketat menyebabkan kurangnya jumlah proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dosen FTUP yang didanai. Kurangnya penerimaan pendanaan proposal PPM dapat menyebabkan tidak tercapainya IKU Perguruan Tinggi serta menurunnya kinerja PPM di lingkungan FT dan UP.

Berdasarkan hal tersebut, maka FTUP terus berupaya untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas penelitian yang diterapkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Renstra, serta Visi dan Misi intitusi. Salah satunya adalah dalam bentuk dukungan pendanaan kegiatan PPM melalui program Hibah Internal dengan metode kompetisi. Agar kegiatan Program Hibah Internal dapat terselenggara dengan baik dan dimanfaatkan secara maksimal oleh para Dosen Peneliti/Pengabdi, maka perlu adanya kegiatan Sosialisasi Program Hibah Internal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat FTUP Tahun 2024 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Maret 2024. Dengan harapan seluruh proposal yang dikirimkan dapat mendapatkan pendanaan hibah internal. Selain kegiatan sosialisasi, dalam menghadapi revolusi industri 4.0 serta pengelolaan kegiatan yang smart dan terdokumentasi secara digital, maka seluruh pengelolaan hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat FTUP menggunakan Sistem Informasi Manajemen Hibah Internal Fakultas Teknik Universitas Pancasila (SIMBI-FTUP). Dengan adanya SIMBI-FTUP pengelolaan hibah internal menjadi lebih mudah dan cepat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ka. LPPM-UP, Bapak Irfan Ihsani, S.T., M.Sc yang menyampaikan arahan kebijakan Penelitian dan PkM dilingkup internal maupun eksternal dan memberikan semangat kepada para dosen di lingkungan FTUP,  serta dihadiri oleh Pimpinan FTUP  Prof. Dr. Ir. Budhi M. Suyitno, IPM yang memberikan pesan kepada para dosen yang hadir untuk tetap semangat melakukan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.