Sosialisasi Panduan Hibah Internal FTUP Tahun Anggaran 2022 dan Peluncuran Aplikasi SIMBI-FTUP

Dalam upaya untuk menjembatani pengembangan ilmu dan teknologi atau ciptareka yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dengan kebutuhan teknologi dan pengembangan di industri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan Program Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Persaingan yang ketat serta pengalihan pendanaan kepada penanggulangan pandemik COVID-19, sehingga menyebabkan kurangnya jumlah proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang didanai. Kurangnya penerimaan pendanaan proposal PPM dapat menyebabkan tidak tercapainya IKU Perguruan Tinggi serta menurunnya kinerja PPM.

Berdasarkan hal tersebut, maka Fakultas Teknik Universitas Pancasila terus berupaya untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas penelitian yang diterapkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Renstra, serta Visi dan Misi intitusi. Salah satunya adalah dalam bentuk dukungan pendanaan kegiatan PPM melalui program Hibah Internal dengan metode kompetisi. Agar kegiatan Program Hibah Internal dapat terselenggara dengan baik dan dimanfaatkan secara maksimal oleh para Dosen Peneliti/Pengabdi, maka perlu adanya kegiatan Sosialisasi Program Hibah Internal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat FTUP Tahun 2022 dengan harapan seluruh proposal yang dikirimkan dapat mendapatkan pendanaan hibah internal. Selain kegiatan sosialisasi, dalam menghadapi revolusi industri 4.0, maka FTUP meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Hibah Internal Fakultas Teknik Universitas Pancasila (SIMBI-FTUP) pada hari Selasa, 31 Mei 2022. Dengan adanya SIMBI-FTUP, diharapkan pengelolaan hibah internal menjadi lebih mudah dan cepat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ka. LPPM-UP, Ibu Dra. Hj. Dewi Trirahayu, M.M. yang menyampaikan arahan kebijakan Penelitian dan PkM dilingkup internal dan eksternal UP serta memberikan semangat kepada pada dosen di lingkungan FTUP. Selain dihadiri oleh Ka. LPPM-UP, kegiatan ini dihadiri oleh para Pimpinan FTUP. Dekan FTUP, Bapak Dr. Ir. Budhi M. Suyitno, IPM berpesan kepada para dosen yang hadir untuk tetap semangat melakukan kegiatan PPM serta waspada atau jangan merasa cukup puas atas capaian yang telah diraih, karena persaingan saat ini menjadi lebih ketat. Sambutan oleh Dekan FTUP sekaligus meresmikan Aplikasi SIMBI-FTUP.