Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional dengan Tema “Tips & Triks Menghasilkan Artikel Ilmiah yang Menarik dan Banyak di Sitasi”

Standar hasil Penelitian merupakan kriteria minimal tentang mutu hasil Penelitian. Hasil penelitian di Perguruan Tinggi diarahkan dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Hasil Penelitian sebagaimana dimaksud adalah luaran yang dihasilkan melalui kegiatan yang memenuhi kaidah dan metode ilmiah secara sistematis sesuai otonomi keilmuan dan budaya akademik. Hasil Luaran Penelitian yang dipublikasikan salahsatunya dalam bentuk artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi. 

Banyak dosen yang sudah memiliki state of the art serta peta jalan penelitian bidang keahliannya. Hal tersebut sepatutnya dimanfaatkan sebagai modal dasar dalam menulis artikel ilmiah. Artikel ilmiah adalah artikel ilmiah adalah suatu karya tulis ilmiah yang menyesuaikan struktur artikel ilmiah dan menggunakan metodologi ilmiah dalam penyusunannya. Artikel ilmiah biasanya dipublikasikan di jurnal-jurnal yang berskala nasional dan internasional. Namun sangat disayangkan bahwa jumlah artikel ilmiah yang ditulis dosen masih sangat sedikit yang disitasi atau dikutip oleh artikel ilmiah lainnya. Salah satu penyebabnya adalah kurang menariknya judul maupun topik yang dituliskan.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 46 Ayat (5) yang menyebutkan bahwa hasil Penelitian yang tidak bersifat rahasia, tidak mengganggu dan/atau tidak membahayakan kepentingan umum atau nasional wajib disebarluaskan dengan cara diseminarkan, dipublikasikan, dipatenkan, dan/atau cara lain yang dapat digunakan untuk menyampaikan hasil Penelitian kepada masyarakat. 

Dari data yang dihimpun UP2M-FTUP, bahwa jumlah publikasi artikel ilmiah dosen meningkat selama 3 tahun terakhir, yaitu pada periode 2018 s.d 2020 sekitar 250 artikel ilmiah terindeks Scopus, 1563 publikasi artikel ilmiah terindeks Google Scholar dengan jumlah sitasi Scopus sebanyak 740 sitasi dan 2892 sitasi pada Google Scholar. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka Fakultas Teknik Universitas Pancasila berupaya untuk meningkatkan kualitas publikasi luaran penelitian berupa artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal bereputasi dan disitasi, melalui kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional dengan tema “Tips & Triks Menghasilkan Artikel Ilmiah yang Menarik dan Banyak Disitasi”.

Adapun kegiatan ini mengundang narasumber Dr. Astri Ayu Purwati, B.Sc, M.Sc –  Dosen Program Studi Manajemen Institut Bisnis Dan Teknologi Pelita Indonesia serta pemilik/pengelola Channel YouTube LAcademia Family. Channel YouTube LAcademia Family ini berisi konten pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu Sistem Informasi, Manajemen Bisnis maupun pengetahuan umum lainnya yang telah banyak di subscribe dan dilihat oleh sivitas akademika berbagai universitas.