Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional dengan tema “Tips & Trick untuk Menghasilkan Manuskrip Berkualitas di Jurnal Internasional Bereputasi”

Standar hasil Penelitian merupakan kriteria minimal tentang mutu hasil Penelitian. Hasil penelitian di Perguruan Tinggi diarahkan dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Hasil Penelitian sebagaimana dimaksud adalah luaran yang dihasilkan melalui kegiatan yang memenuhi kaidah dan metode ilmiah secara sistematis sesuai otonomi keilmuan dan budaya akademik. Hasil Luaran Penelitian yang dipublikasikan salah satunya dalam bentuk artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi. 

Banyak dosen yang sudah memiliki state of the art serta peta jalan penelitian bidang keahliannya. Hal tersebut sepatutnya dimanfaatkan sebagai modal dasar dalam menulis artikel ilmiah. Artikel ilmiah adalah suatu karya tulis ilmiah yang menyesuaikan struktur artikel ilmiah dan menggunakan metodologi ilmiah dalam penyusunannya. Artikel ilmiah biasanya dipublikasikan di jurnal-jurnal yang berskala nasional dan internasional. Namun sangat disayangkan, bahwa jumlah artikel ilmiah yang ditulis dosen masih sangat sedikit yang diterima di jurnal bereputasi. Salah satu penyebabnya adalah kurang berkualitasnya manuskrip yang ditulis.

Dari data yang dihimpun UP2M-FTUP, bahwa jumlah publikasi artikel ilmiah dosen meningkat selama 3 tahun terakhir, yaitu pada periode 2019 s.d 2021 sekitar 82 artikel ilmiah terbit di jurnal internasional bereputasi. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka Fakultas Teknik Universitas Pancasila berupaya untuk meningkatkan kualitas publikasi luaran penelitian berupa artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal bereputasi, melalui kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional dengan tema “Tips & Trick untuk Menghasilkan Manuskrip Berkualitas di Jurnal Internasional Bereputasi”

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional yang dilaksanakan bertujuan untuk:

  1. Menambah pemahaman dosen dan mahasiswa dalam menghasilkan artikel ilmiah yang terstruktur dan sistematis serta menarik minat pembaca. 
  2. Memberikan peluang bagi para dosen untuk dapat meningkatkan nilai kinerja di bidang Penelitian (B) sebagai bagian dari poin dalam mengajukan JJA maupun BKD.
  3. Memberikan peluang peningkatan h-indeks bagi para dosen melalui publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal bereputasi.
  4. Meningkatkan kinerja IKU 5 FTUP berupa hasil kerja dosen yang mendapat rekognisi Internasional.

Adapun kegiatan ini mengundang narasumber Associate Professor Anwar Ilmar Ramadhan –Dosen Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Jakarta . Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala LPPM-UP, Ibu Dra. Hj. Dewi Trirahayu, M.M. yang memberikan sambutan tentang pentingnya kualitas manuskrip yang menjadi syarat mutlak untuk dapat diterima di jurnal internasional bereputusi. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Ir. Budhi M. Suyitno, IPM. selaku Dekan FTUP yang memberikan arahan kepada para peserta untuk dapat menulis dengan baik, benar dan jelas hasil penelitian dalam bentuk manuskrip dan diterbitkan di jurnal internasional bereputasi sebagai bukti pengakuan atau rekognisi keilmuan yang dimiliki oleh setiap dosen di Universitas Pancasila, khususnya FTUP.