Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Buku dengan tema “Tips & Trick Menghasilkan Buku Monograf Hasil Riset yang Menarik Pembaca”

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20 Ayat (2) yang menyebutkan bahwa Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, diperjelas juga dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 pasal 60 yang menjelaskan kewajiban dosen untuk melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang menjelaskan bahwa Pendidikan di Perguruan Tinggi diarahkan untuk dapat menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan Ilmu pengetahuan dan Teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa, serta dapat melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan kegiatan Sivitas Akademika dalam mengamalkan ilmunya untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa, maka Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) menyadari pentingnya kualitas pengajaran dapat memperbaiki mutu pendidikan.

Berdasarkan hal tersebut, Fakultas Teknik Universitas Pancasila terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diterapkan melalui pembuatan buku monograf yang berkualitas. Untuk dapat menghasilkan produk buku monograf yang berkualitas, maka Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Pancasila (UP2M-FTUP) mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Buku dengan tema Tips & Trick Menghasilkan Buku Monograf Hasil Riset yang Menarik Pembaca” yang diadakan pada tanggal Selasa, 2 Agustus 2023 melalui Zoom Meeting.

Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Buku yang dilaksanakan bertujuan untuk:

  1. Mempercepat pemahaman mahasiswa dalam menerima materi kuliah atau bahan ajar dengan studi kasus yang telah terstruktur dan sistematis dalam bentuk buku monograf.
  2. Memberikan peluang bagi para dosen untuk dapat meningkatkan nilai kinerja di bidang Penelitian (B) sebagai bagian dari poin dalam mengajukan JJA maupun BKD.
  3. Mendukung kegiatan SDGs FTUP, yaitu Chapter #4: Pendidikan berkualitas
  4. Meningkatkan IKT luaran dibidang Penelitian dilingkungan FTUP.

Dalam Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Buku ini mengundang narasumber Prof. Dr. Ir. Muji Setiyo, MT.  yang merupakan Guru Besar Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Magelang dan Principal Editor of Automotive Experiences Journal Terindeks SINTA 1/SCOPUS. Kegiatan ini diahadiri oleh Kepala LPPM-UP, Bapak Irfan Ihsani, ST., M.Sc. yang memberikan sambutan. Setelah itu, kegiatan dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Ir. Budhi M. Suyitno, IPM. selaku Dekan FTUP. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi tanya jawab oleh narasumber yang dipandu oleh Moderator, Bapak Dr. Agri Suwandi, ST., MT., CIAR yang membahas tentang bagaimana penulisan buku monograf hasil riset dapat menarik minat para pembaca.