Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional dengan tema “Tips & Trick Tembus di Artikel Ilmiah Terakreditasi SINTA 1”

Dari data yang dihimpun UP2M-FTUP, bahwa jumlah publikasi artikel ilmiah dosen meningkat selama 3 tahun terakhir sangat sedikit, kurang dari 10 judul karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal terindeks SINTA 1. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka Fakultas Teknik Universitas Pancasila berupaya untuk meningkatkan kualitas publikasi luaran penelitian berupa artikel ilmiah yang diterbitkan di nasional terindeks SINTA 1, melalui kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional dengan temaTips & Trick Tembus di Artikel Ilmiah Terakreditasi SINTA 1”.

Dalam perguruan tinggi, para dosen memiliki state of the art serta peta jalan penelitian bidang keahliannya. Dari penelitian tersebut lahirlah hasil penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Hasil Luaran Penelitian yang dipublikasikan dosen atau mahasiswa salah satunya dalam bentuk artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal nasional terindeks SINTA Kemedikbudristek. Namun sangat disayangkan bahwa jumlah artikel ilmiah yang ditulis dosen atau mahasiswa masih sangat sedikit yang terindeks SINTA 1. Salah satu penyebabnya adalah penulisan manuskrip yang kurang baik atau tidak menarik hingga biasa saja.

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional ini bertujuan untuk :

  1. Menambah pemahaman dosen dan mahasiswa dalam menghasilkan artikel ilmiah yang terstruktur dan sistematis serta menarik minat pembaca.
  2. Memberikan peluang bagi para dosen untuk dapat meningkatkan nilai kinerja di bidang Penelitian (B) sebagai bagian dari poin dalam mengajukan JJA maupun BKD.
  3. Memberikan peluang peningkatan h-indeks bagi para dosen melalui publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal nasional terindeks SINTA 1.
  4. Meningkatkan kemampuan menulis bagi para mahasiswa untuk menghasilkan publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal nasional terindeks SINTA 1.

Dalam Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional ini mengundang narasumber Dr. Astri Ayu Purwati, B.Sc, M.Sc yang merupakan Dosen Program Studi Manajemen Institut Bisnis Dan Teknologi Pelita Indonesia serta pemilik/pengelola Channel YouTube LAcademia Family. Channel Channel YouTube LAcademia Family ini berisi konten pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu Sistem Informasi, Manajemen Bisnis maupun pengetahuan umum lainnya yang telah banyak di subscribe dan dilihat oleh sivitas akademika berbagai universitas. Kegiatan ini diahadiri oleh Kepala LPPM-UP, Bapak Irfan Ihsani, ST., M.Sc. yang memberikan sambutan. Setelah itu, kegiatan dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Ir. Budhi M. Suyitno, IPM. selaku Dekan FTUP. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi tanya jawab oleh narasumber yang dipandu oleh Moderator, Bapak Dr. Agri Suwandi, ST., MT., CIAR yang membahas tentang strategi untuk penulisan artikel jurnal terakreditasi SINTA 1/SCOPUS.